Tips Mudah Menulis Karya Ilmiah - masrafli.com

Kamis, 25 Juni 2020

Tips Mudah Menulis Karya Ilmiah


Karya ilmiah merupakan suatu tulisan yang ditulis dengan kaidah tertentu dan prinsip ilmiah yang sesuai dengan data dan fakta. Tujuan dari karya ilmiah yaitu menjabarkan hasil penilitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan memperhatikan kaidah keilmuan yang ada. Hasil pada karya ilmiah mengacu pada data, informasi dan simulan yang telah didapat.

Tips Mudah Menulis Karya Ilmiah

Untuk sebagaian orang yang akan menulis karya ilmiah merasa bingung untuk membuatnya. Entah darimana mereka harus memulai, apa yang harus mereka tulis, dan bagaiman cara menulisnya. Tak perlu khawatir karena sebenarnya menulis karya ilmiah itu tidak sesulit yang dibayangkan. Ikuti tips-tips ini yang akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat karya ilmiah. Apa aja tipsnya? Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Perbanyak Membaca

Dengan membaca berbagai macam sumber, Anda akan semakin banyak memiliki ide dan pengetahuan. Dengan begitu Anda tidak lagi kesulitan mencari topik lagi, karena Anda telah memiliki banyak ide di dalam ruang penyimpanan memori Anda.

2. Tentukan Topik Yang Paling Dikuasai

Dari sekian banyak ide dan sumber, pasti ada satu ide yang paling Anda kuasai dan Anda sanga tertarik terhadapnya. Untuk menulis karya ilmiah Anda hanya perlu satu ide itu saja yang kemudian Anda bisa kembangkan secara lebih luas. Jika topik itu merupakan topik yang paling Anda kuasai dan senangi, maka ketika menulispun Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

3. Membuat Kerangka Berpikir

Dari satu topik yang sudah Anda pilih, pasti ada banyak sekali hal yang ingin Anda tuangkan. Namun, sebelum menulisnya secara utuh sebaiknya Anda membuat kerangka berpikir atau draft tulisan. Buatlah list pokok bahasan yang akan Anda tulis di dalam karya ilmiah Anda. Ini bertujuan agar tidak ada poin penting yang tertinggal, selain itu membuat tulisan Anda menjadi lebih runtut dan sistematis.

4. Mulai menulis

Setelah Anda membuat kerangka berpikirnya, cobalah untuk menulis sesuai dengan kerangka yang telah Anda buat. Tuliskan secara jelas dan berurutan sehingga tidak ada poin penting yang hilang. Anda dapat memberikan kata sambung dalam setiap  kalimat, sehingga kalimat yang Anda tulis tidak “jumpy” dan mudah untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca karya ilmiah Anda.

5. Perhatikan Kaidah Penulisan

Ketia Anda sudah mulai menulis, Anda perlu memperhatikan gaya bahasa serta tata cara menulis karya ilmiah. Karya ilmiah bisanya bersifat formal, maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baku ketika menulis. Selain itu perhatikan huruf kapital, tanda baca, dan komponen lainnya yang harus Anda kuasai. Perhatikan juga struktur penulisan karya ilmiah standar yang berlaku. Sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang epic!

6. Baca Ulang dan Evaluasi

Setelah Anda selesai menulis sesuai denga kerangka dan telah memenuhi standar penulisan karya ilmiah, Anda tidak boleh langsung menyelesaikannya begitu saja. Anda perlu membaca ulang tulisan tersebut. Perhatikan apakah ada kalimat yang tidak sesuai dengan topik, apakah ada penggunaan tanda baca yang salah, atau ada kata-kata yang kira-kira akan membuat pembaca bingung. Bila perlu, mintalah orang lain untuk membacanya dan minta feedback darinya untuk tulisan Anda.

7. Tulis Kembali Bila Diperlukan

Jika ternyata setelah Anda baca kembali, ternyata Anda menemukan banyak kesalahan, jangan segan dan malas untuk menulisnya ulang. Hapus kalimat yang tidak penting, ubah kata-kata yang ambigu dan membingungkan, serta perbaiki kesalahan-kesalahan lain. Dengan begitu karya ilmiah Anda akan menjadi lebih ciamik!

Itu dia beberapa tips mudah menulis karya ilmiah. Menulis karya ilmiah tidak sulit jika Anda mengetahui tipsnya. Selamat mencoba!

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done