13 Cara Meningkatkan Leadership Skill - masrafli.com

Jumat, 04 September 2020

13 Cara Meningkatkan Leadership Skill

Mempunyai peran sebagai seorang pemimpin adalah sebuah penghargaan, tetapi juga bisa menjadi sebuah tantangan. Kita mendapat rasa hormat dari anggota tim tetapi itu tidak mudah, dan ketika ingin menjadi pemimpin yang baik sering kali mendapat banyak tantangan. 

Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan bisa mengatasi kekurangan diri sendiri itu adalaah hal yang baik sehingga bisa timbul hubungan yang kuat dengan orang-orang yang kita pimpin dan mengembangkan lingkungan kerja yang positif. Lalu bagaimana cara kita meningkatkan leadership skill? simak penjelasan berikut ini.



1. Beri Contoh yang Baik
Jika kita tidak mempraktikan apa yang kita ajarkan sendiri, tim kita mungkin tidak akan menghormati. Cobalah untuk memimpin dengan memberi contoh, dan selalu ikuti aturan yang kita terapkan, walaupun secara teknis kita tidak perlu melakukannya.

Misalnya, jika kita tegas dalam menerapkan jam istirahat, pertahankan waktu istirahat kita dalam jangka waktu itu juga, bahkan jika kita telah menyelesaikan pekerjaan untuk hari itu. 

Atau, jika kita menerapkan etika berpakaian yang rapi, pastikan kita juga memakai pakaian yang rapi.

2. Hormati Setiap Orang yang Ditemui
Ketika menjadi pemimpin, kita akan bertemu banyak orang, beberapa diantaranya mungkin sama sekali tidak memiliki kecocokan dengan kita. Tetapi cobalah untuk menghargai masukan semua orang dan ubah sudut pandang kita kepada orang yang ditemui bahwa mereka ini orang-orang pintar dengan ide yang bagus.

Jika ktia menghormati orang lain, maka mereka cenderung akan menghormati kita kembali.

3. Kenali Kekurangan Diri Sendiri
Tidak ada manusia yang sempurna, sering mendengar kalimat berikut bukan? bahkan mereka yang berada di posisi pemimpin pasti ada kekurangan. Cobalah untuk mengenali kekurangan diri sendiri dan ambil langkah-langkah untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Misalnya, jika kita memiliki masalah dalam hal manajemen waktu, cobalah mengatur pengingat untuk diri sendiri tentang bagaimana tenggat waktu kita sehari-hari.

Atau, jika kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan jelas, berlatih menulis sebuah catatan kepada seluruh tim kita atau cari orang terdekat bisa jadi sekretaris sebagai juru bicara.

4. Ikuti Perkembangan Industri Terkini
Seiring dengan kemajuan teknologi, industri bisa berubah dan semakin berkembang dengan teknik atau aplikasi baru. Kita bisa mencari kelas online atau seminar yang dapat menambah wawasan kita tentang inovasi terbaru.

Beberapa tempat kerja biasanya akan mengirim pemimpin ke sebuah konferensi atau seminar pendidikan setahun sekali. Bergantung pada apa industri itu, kita mungkin perlu melakukannya lebih sering, terutama dalam sektor teknologi.

5. Bertanggung Jawab dalam Segala Tindakan
Jika kita membuat kesalahan, akui saja. Orang lain akan menghormati kita jika kita tau bahwa keputusan itu salah dan bisa memberikan cara yang konkrit untuk memperbaikinya.

Jika kita membuat kesalahan dalam lingkungan kerja sebagai pemimpin, coba katakan "Hey guys, I missed the deadline for the applications last night. It wasn’t fair to you all and I’m sorry. Next time I’ll set a reminder for myself so I don’t forget." Anggap saja perusahaan luar ya hehe.

6. Memiliki Sikap Positif
Kita tidak perlu bahagia setiap saat, tetapi coba untuk melalui berbagai hal dengan cara yang positif untuk menjaga semangat tim kita. Lihat sisi baiknya, mereka akan bekerja keras dan semangat walau mereka merasa kewalahan.

Jika menemi sebuah masalah, cobalah untuk mengidentifikasi 3 hal positif tentang masalah itu. Begitu kita melakukannya kita bisa menyelesaikannya sambil menjaga sikap positif itu.

7. Mintalah Kritik yang Membangun
Kita bisa mendekati anggota tim kita atau rekan kerja atau siapapun di tempat kerja untuk memberi kita sebuah nasihat bagaimana kita dapat meningkatkan meningkatkan leadership skill sehingga kita bisa memperbaiki diri dan membuat orang lain lebih menghormati kita.

Mungkin menakutkan untuk meminta kritik secara langsung, tetapi ada baiknya mengetahui bagaimana kita dapat belajar membehani dari sebuah kritik orang lain.

8. Berkomunikasi Baik dengan Tim 
Jika kita membutuhkan orang lain untuk melakukan sesuatu, pastikan memberi tahu mereka dengan jelas dan ringkas apa yang mereka harus lakukan. Cobalah untuk tidak berasumsi bahwa orang tahu apa yang kita maksud tanpa memeriksa ulang, mereka bukan cenayang. 

Pastikan kita terbuka dan jujur dalam komunikasi dan cobalah untuk tidak menutupi hal-hali yang bahkan sulit untuk dikatakan. Komunikasi yang buruk juga dapat menyebabkan kebingungan dan frustasi

9. Kenali Orang-Orang yang Kita Pimpin
Kita harus lebih mengenal anggota kita, bisa dengan mengundang mereka makan malam bersama atau bahkan mengajak mereka jalan-jalan di akhir pekan yang menyenangkan, bisa ke pantai atau tempat wisata lain. Cobalah untuk melihat anggota tim sebagai manusia, bukan hanya pengikut.

10. Berilah Tugas Penting kepada Anggota Tim
Ini berarti anda menaruh kepercayaan yang besar kepada mereka dan percaya bahwa mereka dapat menanganinya. Daripada menimbun semua tugas untuk diri sendiri, serahkan kepada anggota tim untuk menunjukkan bahwa kita mempercaia mereka. Ini mempunyai manfaat dan dapat meringankan beban, bisa dibilang situasi yang saling menguntungkan.

Tetapi, pastikan juga kita memiliki cukup banyak pekerjaan yang harus dilakukan, bukan berarti semua tugas dialihkan ke anggota tim.

11. Ajari, jangan Memerintah 
Alih-alih memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan, coba beri mereka keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Ini akan meringankan beban kita dan membuat mereka merasa bahwa kita benar-benar mempercayai mereka.

Misalnya, jika perusahaan kita bekerja dalam online shop, ajari mereka bagaimana membangun keterampilan komunikasi dengan pelanggan. 

12. Perhatikan Kelebihan dan Kekurangaan Anggota Tim
Ketika sudah mengenali tim kita,  kita bisa tahu siapa yang pandai dalam hal ini dan siapa yang bisa bekerja sama dengan baik. Kita dapat menggunakan pengetahuan itu untuk membentuk tim kecil yang akan mengerjakan tugas-tugas besar dan membagikantugas sesuai keinginan kita.

Misalnya, jika salah satu anggota tim pandai dalam hal menghitung dan kurang pandai berkomunikais, kita bisa memberi mereka tugas dalam hal anggaran dan menyerahkan bagian komunikasi kepada orang lain.

13. Selalu Ucapkan Terimakasih atas Pekerjaan yang Mereka Lakukan
Mereka disini ya anggota tim, ini penting untuk memperlakukan orang lain dengan hormat, dan penting juga untuk mengakui pencapaian mereka. Jika seseorang melakukan tugas dengan baik, beri tahu mereka! Jika seseorang mengkomunikasikan sesuatu dengan jelas dan ringkas, ucapkan terima kasih! karena kita tahu, semua orang menyukai pujian.



Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done