Tipe-Tipe Kejahatan - masrafli.com

Kamis, 08 Oktober 2020

Tipe-Tipe Kejahatan

Kejahatan adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang menimbulkan permasalahan sosial karena tidak sesuai dengan nilai dan norma di masyarakat, serta sifatnya merusak/merugikan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tipe-tipe kejaatan yang ada dalam masyarakat. 

<a href="http://www.freepik.com">Designed by jcomp / Freepik</a>

Berikut beberapa tipe kejatan dalam masyarakat : 

1. Kejahatan Tanpa Korban (Victimless Crimes)

Kejahatan tanpa korban adalah tindakan kejahatan yang hanya merugikan pelakunya. COntoh bentuk kejahatan ini adalah hubungan seks di luar nikah.

2. Kejahatan Terorganisasi (Organized Crimes)

Kejahatan terorganisasi adalah kejahatan yang dilakukan secara berkelompok dan memiliki hubungan berkesinambungan untuk memperoleh uang atau kekuasaan dengan cara menghindari hukum, misalnya penjualan barang curian.

3. Kejahatan Terorganisasi Transnasional (Transnational Organized Crimes)

Kejahatan terorganisasi transnasional adalah bentuk kejahatan yang dilakukan oleh organisasi kejahatan jaringan global dan melampaui batas-batas negara. Contoh kejahatan ini adalah trafficking.

4. Kejahatan Kerah Putih (White Collar Crimes)

Kejahatan kerah putih adalah kejahatan yang dilakukan oleh orang terpandang atau oleh orang yang memiliki kedudukan, biasa kita kenal pejabat misalnya. Contoh kejahatan ini adalah korupsi para pejabat.

5. Kejahatan Perusahaan (Coorporate Crimes)

Kejahatan perusahaan adalah kejahatan yang di lakukan atas nama organisasi formal (perusahaan) dengan tujuan menaikkan keuntungan dan menekan kerugian. Contoh kejahatan perusahaan adalah pihak perusahaan menipu konsumen.

6. Kejahatan Kerah Biru (Blue Collar Crimes)

Kejahatan kerah biru dilakukan oleh masyarakat kelas bawah. Hal ini identik dengan tindakan kekerasan secara langsung misalnya perampokan.

Demikian artikel mengenai Tipe-Tipe Kejahatan. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!


Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done