Pengertian dan Jenis-Jenis Infografis - masrafli.com

Selasa, 07 Desember 2021

Pengertian dan Jenis-Jenis Infografis

Infografis sudah berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi sarana komunikasi massa, karena infografis sekarang dirancang untuk mengjangkau audiens yang lebih luas dengan menyederhanakan konten yang kompleks dan membuatnya lebih mudah dipahami.

Karena kesederhanaannya itulah, infografis sudah banyak mendapatkan popularitas belakangan ini, bahkan kita dapat melihat infografis tersebar di internet dan media sosial. Contohnya, template infografis di Canva bisa memberikan kita wawasan singkat tentang desain dan struktur infografis.

Tapi apa itu infografis? untuk lebih memahaminya, kita pahami dulu istilahnya. Infografis adalah gabungan dari 'informasi' dan 'grafik'. Infografis adalah representasi visual dari informasi yang bertujuan untuk membuat data mudah dipahami pada saat dilihat (lebih tepatnya saat dilihat pertama kali).

Infografis meminimalkan penggunakan teks dan menampilkan data seperlunya, menjelaskan konsep, menyederhanakan presentasi, memetakan hubungan, menunjukakn tren, dan memberikan wawasan penting. Penggunaan gambar yang menarik pada infografis dapat membuat hal abstrak menjadi lebih mudah dipahami. Infografis dapat menyederhakan sebuah data yang besar dan membuatnya lebih mudah dicerna saat dilihat, dan juga membantu menyampaikan data dalam bentuk yang ringkas.

Jenis Infografis

Infografis ada beberapa jenis, antara lain berdasarkan tujuan, objek yang digunakan, dan informasi. Sebuah infografis akan selalu masuk ke dalam jenis tertentu saja, sebenarnya sebagain besar infografis akan memiliki berbagai elemen jenis infografis.

Jenis infografis yang paling sesuai dalam situasi tertentu akan bergantung pada tujuan visualisasi data. Kita harus dapat memilih jenis infografis yang menghindari pemahaman ambigu dan paling membantu pembaca memahami informasi yang didapat.

Tentunya audiens juga penting. Misalnya, jenis infografis disesuaikan tergantung pada apakah desain tersesbut disajikan kepada anggota dewan perusahaan atau manajer tingkat menengahnya. Anggota dewan mungkin hanya ingin melihat sorotan utama dan tidak membahas terlalu banyak detail teknis. Dan sebaliknya.

Information Infographic (Infografis Informasi)

Infograsi informasi dibedakan dengan penggunaan teks di atas rata-rata jika dibandingkan dengan jenis infografis lainnya. Desainnya bisa digabungkan dengan ikon, bentuk, warna, dan elemen visual lainnya tetapi secara keseluruhan, penekanannya atau utamanya adalah pada kata-kata.

sumber : venngage.com

Timeline Infographic (Infografis Linimasa)

Infografis linimasa menggambarkan peristiwa atau tindakan dalam urutan kronologis. Infografis ini sering digunakan untuk menunjukkan pengembangan produk, tren historis, atau evolusi ide. Infografis ini memanfaatkan ikon, gambar, dan elemen grafik untuk menyampaikan tujuannya. Format yang digunakan biasanya vertikal, horizontal, atau zig zag. Infografis linimasa vertikal dan zigzag biasanya lebih mudah dibaca. Sedangkan, infografis linimasa horizontal berfungsi paling baik pada poster, presentasi, dan lingkungan yang cukup luas.

<a href="http://www.freepik.com">Designed by pikisuperstar / Freepik</a>
Sumber : freepik.com

Charts Infographic (Bagan Infografis)

Bagan infografis memiliki bagan/charts sebagai pusat visualisasi informasi. Warna, bentuk, dan ikon bisa ditambahkan sebagai penjelasan. Bagan atau Charts berfungsi paling baik saat melakukan perbandingan dasar item. 

<a href="http://www.freepik.com">Designed by pikisuperstar / Freepik</a>
Sumber : freepik.com

Pie Charts Infographic (Infografis Diagram Lingkaran)

Infografis ini adalah infografik di mana objek fokusnya adalah diagram lingkaran. Tetapi secara teknis, infografis ini adalah bagian dari infografis bagan, bisa ditetapkan dalam kategori yang berbeda karena penggunaannya yang cukup luas. Diagram ini sangat bagus untuk menunjukkan komponen item yang berbeda atau bagaimana satu nilai dibandingkan dengan beberapa nilai lainnya.

Sumber : id.postermywall.com

How to Infographic 

How to Infografis menggambarkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh hasil yang prosesnya dapat digambarkan menggunakan infografis mencakup cara pembuatan produk, sertifikasi ISO, kualifikasi profesional, atau prosedur medis. 

Sumber : www.lender411.com

Process Infographic (Infografis Proses)

Seperti hal yang dibahas di atas, ini hampir mirip. Perbedana utama adalah bahwa infografi proses menggambarkan proses pengambilan keputusan. Infografi proses juga disebut sebagai pohon keputusan atau diagram alur. Setiap langkah dihubungkan ke langkah berikutnya dengna garis dan arah panah. Contoh infografi proses dapat diterapkan pada pennetuan tipe kepribadian, pembuatan jalur perakitan, pemrograman perangkat lunak, perencanaan proyek, dan audit proses.

Sumber : www.easel.ly

Comparasion Infographic (Infografis Perbandingan)

Infografis perbandingan meneliti persamaan dan perbedaan antara dua atau lebih produk, peristiwa, lokasi, ide, atau individu. Contohnya seperti kondisi dulu vs kondisi saat ini, strategi sebelumnya vs stragei saat ini, dan lain-lain. Infografis ini menciptakan kontras dan membantu mengidentifikasi pro dan kontra dari satu item dalam konteks alternatif. Grafik biasanya akan dibagi menjadi dua atau lebih tergantung pada jumlah item yang dibandingkan.

Sumber : www.easel.ly

Nah mungkin itu pengertian dan jenis-jenis dari Infografis. Kira-kira kalian sering pakai yang mana nih? tentunya disesuaikan dengan kebutuhan ya. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat ya. Terimakasih! Jika ada yang ditanyakan, kita bisa berdiskusi di kolom komentar ya.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done