Pengertian, Jenis, dan Ciri Idiom - masrafli.com

Senin, 24 Januari 2022

Pengertian, Jenis, dan Ciri Idiom

Idiom atau ungkapan adalah suatu gabungan kata, yang merupakan penggalan kalimat yang memiliki arti tersendiri atau kelompok kata yang menyatakan makna kiasan. Idiom berasal dari bahasa Yunani yaitu idios yang artinya sendiri, khas, dan khusus.

Beberapa ahli juga berpendapat mengenai definisi dari idiom.

1. Sudaryat (2009:81)
Idiom juga disebut dengan istilah langgam bahasa, bahasa yang dilazumkan penggunaannya oleh golongan tertentu, dialek, peribahasa, sebutan yang aneh atau yang sukar diterjemahkan dengan tepat ke dalam bahasa yang lain. Idiom merupakan salah satu bentuk ekspresi bahasa. Ekspresi bahasa merupakan penyebutan sesuatu yang dialami oleh pemakainya.

2. Kridalaksana (2008:90)
Idiom adalah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna anggota-anggotanya.

3. Chaer (1993:7)
Idiom adalah satuan bahasa (berupa kata, frasa, maupun kalimat) yang maknanya tidak dapat ditarik dari kaidah umum gramatikal yang berlaku dalam bahasa tersebut.

4. Soedjoto dalam Sudaryat (2009:77)
Idiom adalah ungkapan bahasa berupa gabungan kata (frasa) yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan menurut makna unsur pembentuknya.

Dari beberapa pengertian idiom menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa idiom merupakan ungkapan, konstruksi satuan bahasa yang dapat berupa kata, frasa, maupun kalimat yang maknanya tidak sama dengan makna leksikal maupun makna gramatikal dari satuan- satuan pembentuknya.


Jenis-Jenis Idiom

Idiom dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu : 

1. Idiom penuh
yaitu idiom atau ungkapan yang seluruh unsur pembentuknya tidak dapat dikembalikan kepada makna denotasinya/sebenarnya.

Contoh : Pantat kuning berarti pelit atau kikir. Gulung tikar berarti bangkrut.
Kata pantat dan kuning sudah kehilangan makna denotasinya. Demikian juga kata gulung dan kata tikar.

2. Idiom sebagian
yaitu idiom atau ungkapan yang sebagian unsur pembentuknya masih dapat dikembalikan kepada makna denotasinya.

Contoh : kabar burung berarti kabar atau berita yang belum tentu kebenarannya.
Daftar hitam berarti daftar nama orang yang terlibat dalam tidak kejahatan. Dalam hal ini, kata kabar dan daftar masih dapat dikembalikan makna denotasinya.

Ciri-Ciri Idiom

Secara struktural idiom memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 

  1. Idiom merupakan paduan dari beberapa kata yang merupakan susunan atau ekspresi tetap.
  2. Dampak dari ciri nomor satu ilaah bahwa kata pendukung idiom tidak dapat digantikan oleh kata lain. Contoh idiom "patah hati" (sedih hati karena putus cinta) salah satu pendukung (misalnya hati) tidak dapat digantikan dengan kata lain.
  3. Urutan kata-kata pendukung idiom tidak dapat dirubah atau dibalikkan (misalnya, idiom "besar kepala" atau sombong atau keras kepala tidak dapat diubah menjadi "kepala besar".
  4. Diantara kata-kata anggota idiom itu tidak dapat disisipkan kata lain. Contoh idiom 'tikus berdasi' diantara kata pendukung idiom itu tidak dapat disisipkan kata lain (tikus yang berdasi).
Demikian artikel mengenai Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kata Ulang. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done